PENGHEMATAN DARI PENGGUNAAN COOLANT DENGAN TEPAT

by Administrator


Posted on 14 Jul 2021 12:08 pm



    Penggunaan engine coolant mungkin masih terasa asing bagi beberapa orang di Indonesia. Banyak yang masih beranggapan kalau radiator itu seharusnya diisi dengan air. Bahkan, penggunaan coolant dianggap tidak ada faedahnya dan memberatkan secara finansial saja.

    Padahal jika dilihat lagi, komponen dari sistem pendingin mesin, seperti radiator, water pump, thermostat, dan lainnya terbuat dari logam (besi, aluminium, tembaga, dll). Sedangkan air bersifat korosif terhadap logam. Untuk melihat korosi pada logam, silakan coba masukkan paku ke wadah yang berisi air (gunakan paku biasa yang terbuat dari besi, bukan paku yang sudah digalvanisasi), keesokan harinya pasti warna air sudah berubah, dari semula berwarna bening menjadi kecoklatan. Jika dibiarkan terus kira-kira selama seminggu, air di wadah tersebut sudah mulai menghitam akibat paku di dalamnya terkorosi.

    Seperti itu juga lah yang terjadi di dalam mesin kita jika cairan di dalam radiator adalah air, bukan diisi coolant. Komponen-komponen di dalamnya akan terkorosi dan akibatnya akan keropos. Hal ini akan memperpendek umur komponen-komponen tersebut. Dengan demikian, pemilik unit yang menggunakan air akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk perbaikan dibandingkan dengan pemilik unit yang menggunakan engine coolant dengan tepat.

Gambar 1 Komponen sistem pendingin yang mengalami permasalahan (engine liner, water pump impeller dan oil cooler cover)

    Perusahaan-perusahaan di sektor pertambangan, logistik, bus, konstruksi, alat berat, power dan manufaktur banyak yang sudah merasakan manfaat penggunaan engine coolant. Justru penggunaan engine coolant dengan tepat, membuat perusahaan tersebut berhemat akibat interval penggantian komponen yang lebih panjang. Jika, dibandingkan data 1-2 tahun sebelum dan sesudah menggunakan coolant, maka setelah penggunaan coolant, pasti biaya yang berhubungan dengan sistem pendingin akan menurun. Belum lagi ditambah ketersediaan unit yang juga meningkat.

    Jadi, masih merasa penggunaan coolant memberatkan finansial. Mari bergabung bersama perusahaan-perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari penggunaan Reco-Cool coolant. Produk yang didesain untuk unit-unit yang biasa bekerja berat (heavy duty) dan juga dapat melindungi unit-unit yang jam operasional kerjanya rendah. Ditambah dengan adanya dukungan teknis yang handal yang siap berkonsultasi dan memberikan saran teknis, Blue Coolant Indonesia merupakan pilihan tepat untuk membantu anda dalam melancarkan operasional unit anda. Hubungi (021) 3866065 atau WA ke +62 895 3222 68870 dan kunjungi website www.bluecoolant.com untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut

Search
Sign In