DEGREASER YANG RAMAH LINGKUNGAN

by Administrator


Posted on 08 Jun 2021 15:32 pm



Produk degreaser atau sabun industri memiliki dua tipe, yakni solvent based (berbasis solvent) dan water based (berbasis air). Solvent based umumnya digunakan untuk membersihkan komponen. Karena berbasis solvent, produk ini tidak ramah lingkungan. Sedangkan, degreaser berbasis air bisa digunakan untuk membersihkan unit dan juga komponen. Walaupun, berbasis air, tetapi produk ini belum tentu masuk kategori ramah lingkungan. Perlu ada beberapa pengetesan untuk memastikan produk ini benar-benar ramah lingkungan.

Gambar 1 Sungai yang dipenuhi busa akibat pencemaran lingkungan

Pengetesan yang pertama adalah tes biodegradabilitas. Untuk dikategorikan mudah terbiodegradasi, produk harus melewati tes selama 28 hari dan terurai minimal 60%.

Selain itu, juga ada pengetesan LC50 dan LD50. Pengujian LC50 merupakan pengetesan kepada hewan air, sedangkan pengujian LD50 merupakan pengetesan kepada hewan darat. Pengujian dilakukan dengan melihat berapa banyak konsentrasi sampel yang dapat membunuh 50% hewan yang diuji. Jika suatu sampel memiliki nilai LC50 di atas 100 ppm, maka dikategorikan tidak beracun. Untuk LD50, jika sampel memiliki nilai di atas 15000 mg/kg berat badan, maka sampel dikategorikan tidak beracun dan berbahaya.

Selain itu, degreaser di sektor pertambangan juga memerlukan kemampuan quick break. Di mana air dan hidrokarbon diharapkan cepat memisah sehingga memudahkan penanganan limbah B3 di site.

Produk degreaser berbasis air Blue Cleaner RR sudah memiliki empat sertifikasi tersebut yang didapat dari laboratorium independen. Dengan sertifikasi-sertifikasi tersebut, dapat dikatakan produk ini memang ramah lingkungan. Bukan hanya sekadar slogan atau kata-kata saja, tetapi memang dibuktikan dengan sertifikasi yang mendukung.

Selain itu, kami juga memiliki beberapa varian produk yang dapat digunakan untuk di unit anda masing-masing. Dengan adanya dukungan teknis yang handal yang siap berkonsultasi dan memberikan saran teknis, Blue Coolant Indonesia merupakan pilihan tepat untuk membantu anda dalam melancarkan operasional unit anda. Hubungi (021) 3866065 atau WA ke +62 895 3222 68870 dan kunjungi website www.bluecoolant.com untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut.

Search
Sign In