ADITIF PADA COOLANT

by Administrator


Posted on 07 May 2021 16:03 pm



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aditif adalah zat yang ditambahkan pada suatu produk. Penambahan zat tersebut, walaupun sedikit jumlahnya, dapat mengubah sifat dari produk asalnya

Komposisi dari engine coolant antara lain air demineralisasi, glikol dan aditif. Jika melihat rekomendasi OEM, umumnya coolant mengandung 50% glikol. Namun, ada juga produk water based coolant (tanpa ada kandungan glikol). Perlu diketahui, bahwa air dan glikol sangat korosif. Oleh karena itu, penambahan aditif dapat membuat campuran air dan glikol yang bersifat korosif menjadi tidak korosif.

Aditif yang terkandung dalam engine coolant antara lain anti korosi, anti kerak, anti buih, anti-pitting, dll. Semua aditif ini merupakan aditif yang memiliki pengaruh signifikan coolant. Ada juga yang pada engine coolant yang fungsinya tidak signifikan, seperti pewarna dan bitterant (pemberi rasa pahit)

Pewarna pada coolant hanyalah identitas dari pembuat atau brand coolant tersebut. Ada yang berwarna kuning, merah, biru, hijau dll. Bahkan ada beberapa brand yang menyediakan beberapa opsi pilihan warna, contoh warna hijau dan merah, tanpa memberi tahu apa perbedaan dari keduanya. Bahkan kata-kata di label / stiker dari kedua produk tersebut sama persis. Jadi warna bukanlah acuan dari performa coolant. Karena air dan glikol sendiri merupakan dua cairan yang tidak memiliki warna

Bitterant ditambahkan untuk alasan safety. Jenis glikol yang paling banyak digunakan sebagai komponen engine coolant adalah etilen glikol. Dan etilen glikol berbahaya jika tertelan. Oleh karena itu, rasa pahit ditambahkan untuk mencegah tertelannya coolant. Dengan rasa pahit tersebut, orang akan langsung tahu bahwa ini bukanlah cairan untuk diminum.

Gambar di atas merupakan perbandingan sampel Reco-Cool dengan air dan juga produk ketika dimasukkan paku dan rivet. Paku terbuat dari besi, sedangkan rivet terbuat dari aluminium. Kedua logam tersebut merupakan logam yang umum dijumpai di komponen sistem pendingin mesin, selain ada juga tembaga, patri, kuningan dan baja.

Produk-produk Reco-Cool dapat memberikan perlindungan yang ekstra di sistem pendingin lebih sehingga akan menghasilkan penghematan. Dengan dukungan teknis yang handal dan siap memberikan konsultasi serta saran teknis, Blue Coolant Indonesia merupakan pilihan tepat untuk membantu anda dalam melancarkan operasional unit anda. Hubungi (021) 3866065 atau WA ke +62 895 3222 68870 dan kunjungi website www.bluecoolant.com untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, serta pemesanan produk-produk Reco-Cool.

Search
Sign In