MARINE COOLING SYSTEM

by Administrator


Posted on 27 Oct 2020 11:22 am



Sistem pendinginan di kapal sedikit berbeda dengan sistem pendinginan di unit lainnya, seperti mobil, truk, bus alat berat dan lainnya. Sistem pendinginan di kapal juga memiliki dua tipe, yakni sistem pendinginan terbuka dan sistem pendinginan tertutup.

Sistem pendinginan terbuka merupakan sistem pendinginan yang menggunakan media air laut sebagai cairan pemindah panas di engine. Air laut dipompakan ke engine untuk menyerap panas kemudian dikeluarkan kembali.

Sistem ini cukup sederhana, tetapi memiliki efek negatif terhadap logam yang menjadi material penyusun mesin dan komponen lainnya. Logam akan dengan mudahnya terkorosi karena kontak langsung dengan air. Dengan demikian, sistem ini akan menyebabkan penggantian komponen-komponen yang lebih sering. Sistem pendinginan seperti ini pun sudah semakin jarang digunakan.

Sistem pendinginan yang lainnya adalah sistem pendinginan tertutup. Pada sistem ini, media pemindah panas yang digunakan pada engine adalah air tawar. Sebenarnya, media pendingin yang tepat adalah coolant. Karena air tawar pun bersifat korosif untuk logam sehingga permasalahan korosi dan kerak di sistem pendingin engine tetap terjadi.

Di sistem ini, panas dari engine akan diserap oleh air tawar atau coolant. Lalu, cairan yang naik suhunya akibat panas engine akan didinginkan oleh air laut di heat exchanger.

Sebenarnya sistem pendinginan tertutup di kapal ini memiliki kesamaan dengan sistem pendinginan pada umumnya seperti mobil, truk, bus dan alat berat. Hanya ada sedikit perbedaan yakni, fungsi radiator di sistem pendingin pada umumnya yang digantikan oleh heat exchanger. Selain itu, udara yang berfungsi untuk mendinginkan coolant digantikan dengan air laut.

Seperti sudah dijelaskan di atas, baik air tawar maupun air laut sama-sama korosif kepada logam. Sedangkan komponen-komponen di sistem pendingin, seperti water pump, thermostat (beserta housing-nya), engine liner dan lainnya terbuat dari logam. Dengan demikian, permasalahan di sistem pendingin tetap terjadi yang pada akhirnya akan membuat penggantian komponen-komponen tersebut sering dilakukan.

Permasalahan-permasalahan tersebut seharusnya bisa diatasi dengan penggunaan coolant yang tepat dan sesuai aplikasi. Reco-Cool Marine GF merupakan coolant siap pakai yang didesain khusus untuk sektor marine yang sudah dilengkapi dengan anti-korosi, anti-kerak, anti-buih, anti-pitting dan lainnya. Dengan fungsinya tersebut, produk Reco-Cool Marine GF dapat membuat penggantian komponen di sistem pendingin lebih lama dan akan membuat anda berhemat dalam pembelian komponen. Hubungi (021) 3866065 atau WA ke +62 895 3222 68870 dan kunjungi website www.bluecoolant.com untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut serta blog-blog terbaru mengenai coolant dan engine cooling system.

Marine 1  Marine 2

Search
Sign In