ENGINE COOLING SYSTEM

by Administrator


Posted on 26 Oct 2020 14:53 pm



Banyak salah persepsi yang beredar bahwa sistem pendingin di engine hanyalah radiator. Sebenarnya, ini hanyalah salah satu komponen dari sistem pendinginan engine. Selain radiator, masih ada beberapa komponen lainnya yang terlibat dalam sistem pendinginan engine.

Engine Cooling SystemGambar 1 Komponen utama dalam sistem pendingin Engine

Gambar di atas merupakan komponen-komponen dari sistem pendingin. Coolant dari radiator akan mengalir ke engine block karena putaran water pump. Panas dari mesin akan diserap coolant melalui dinding-dinding engine liner, lalu coolant menuju thermostat. Fungsi thermostat adalah untuk mengukur suhu dan jika suhu sudah mencapai titik tertentu, coolant akan kembali ke radiator untuk didinginkan oleh kipas (radiator fan). Kemudian, coolant akan kembali ke engine block mengulangi jalur yang sama.

Dengan cara kerja tersebut, komponen-komponen sistem pendingin selain radiator antara lain water pump, engine liner, thermostat beserta housing-nya plus hose dan seal. Komponen-komponen tersebut berkontakan langsung dengan coolant. Jika coolant yang digunakan bukanlah coolant yang berkualitas dan tidak sesuai aplikasinya, maka penggantian komponen-komponen tersebut akan cukup sering. Apalagi jika menggunakan air sebagai cairan pendingin di unit anda. Air sangatlah korosif terhadap logam yang akan dengan cepat mengakibatkan komponen tersebut menjadi keropos. Oleh karena itu, dengan penggunaan coolant yang benar dan tepat akan membuat anda menghemat pengeluaran dari sisi pembelian komponen tersebut.

Produk coolant Reco-Cool merupakan coolant yang memberikan perlindungan maksimal bagi komponen sistem pendingin anda. Selain itu, dengan lifetime coolant yang cukup panjang membuat unit anda tidak perlu sering menuju bengkel untuk penggantian sehingga ketersediaan unit anda akan meningkat.

Blue Coolant Indonesia memberikan beberapa varian produk yang dapat digunakan sesuai dengan kegunaan di unit anda masing-masing. Hubungi (021) 3866065 atau WA ke +62 895 3222 68870 dan kunjungi website www.bluecoolant.com untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut serta blog-blog terbaru mengenai coolant dan engine cooling system.

Search
Sign In