WATER BASED DEGREASER

by Administrator


Posted on 15 Jul 2020 17:04 pm



Degreaser merupakan sabun industri yang umum digunakan untuk membersihkan komponen dan juga unit. Degreaser dipilih karena selain dapat membersihkan debu, kotoran, sisa-sisa tanah atau lumpur, juga dapat membersihkan sisa-sisa oli dan grease.

Degreaser dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yang berbasis air (water based degreaser) dan yang berbasis solvent (solvent based degreaser). Pada umumnya degreaser yang berbasis air digunakan untuk mencuci unit dan degreaser yang berbasis solvent digunakan untuk mencuci komponen sebagai pengganti solar. Namun, degreaser yang berbasis air juga bisa membersihkan komponen.

Surfaktan atau surface active agent adalah senyawa yang menyediakan deterjensi atau kemampuan membersihkan dan mengandung gugus hidrofilik (suka air) dan hidrofobik (tidak suka air). Degreaser berbasis air mengandung surfaktan yang dapat terurai secara alami atau biodegradable. Oleh karena itu degreaser berbasis air itu pasti ramah lingkungan. Ramah lingkungan itu baik untuk penggunaan sumber daya secara berkelanjutan dan tidak membahayakan kelestarian lingkunan hidup.

Produk degreaser yang berbasis air mempunyai kemampuan dalam cepatnya memisahkan antara sisa pelumas dan kotoran dengan degreaser. Setelah pemisahaan terjadi, sisa pelumas dan kotoran dapat diambil lalu dimasukan sebagai limbah B3. Degreaser dan airnya bisa dibuang ke pembuangan umum seperti pembuangan air. Dengan demikian, volume limbah B3 yang dihasilkan akan lebih sedikit dibandingkan hasil penggunaan degreaser berbasis solvent yang semuanya harus dibuang sebagai limbah B3. Namun, belum semua degreaser berbasis air sudah mengantongi sertifikasi biogradable, salah satunya yang bersertifikasi adalah Blue Cleaner RR.

Selain ramah lingkungan, penggunaan degreaser berbasis air juga memberikan efek positif ke pengguna degreaser atau operator. Degreaser Blue Cleaner RR memiliki aroma apel yang memberikan kenyamanan bagi pengguna. Degreaser yang berbasis air aman untuk pengguna karena berskala nol pada label health hazard, sedangkan degreaser berbasis solvent pada umumnya berskala 2 pada label health hazard.

Water Based Degreaser  Solvent Based Degreaser

Gambar 1 Perbandingan contoh label hazard degreaser berbasis air (atas) dan degreaser berbasis solvent (bawah)

Search
Sign In